1. Engine dan scene graph
Game Engine
Game engine itu sendiri pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak atau bisa berdiri sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat game. Adapun fungsi-fungsi dasar yang ada di dalam game engine bisa dilihat pada daftar di bawah ini:
- rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya)
- physics engine
- pengatur audio
- scripting
- pengatur dan penampilan animasi
- networking dan streaming data
- pengaturan memori
- pengaturan grafis
Jenis-Jenis Game Engine
1.Unity 3D
Unity 3D merupakan game engine yang populer belakangan ini, karena fitur yang lengkap dan kemudahan penggunaannya. Hampir sama dengan Unreal Engine, Unity 3D mendukung banyak sekali platform pengembangan. Unity 3D mendukung banyak sekali bahasa pemrograman dari C++, C#, Lua , JavaScript sampai Unity Script. Unity 3D juga dapat digunakan untuk mengembangkan game dengan kelas casual sampai di kelas AAA.
2. Phaser
Phaser adalah salah satu game engine HMTL 5 yang cukup powerfull. Jika kamu berkeinginan membuat game berbasis web, maka game engine ini cocok buat kamu. Mudah dipelajari dan mudah digunakan. Mendukung WebGL maupun Canvas dan memiliki banyak komponen dasar yang siap pakai. Kamu bahkan bisa mengembangkan sendiri komponen-komponen yang dibutuhkan jika perlu.
3.Construct
Construct hadir sebagai salah satu game engine yang menarik karena dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja. Versi terbarunya yaitu Construct-3 dapat dijalankan di web browser dengan dukungan editor yang cukup fun dan mudah dipahami. Mendukung bahasa pemrograman JavaScript dan hasil pengembangan gamenya dapat dijalankan di berbagai platform termasuk web game (HTML 5) maupun mobile game.
4.Cocos2d-x
Cocos2d-x termasuk dalam kategori game engine yang gratis, berukuran kecil dan ringan. Mendukung 3 bahasa pemrograman yaitu C++, JavaScript dan Lua. Adapun saat ini cocos2d-x mendukung IDE yang ramah dalam perangkat lunak bernama Cocos-Creator. Sebelumnya, pengembang game harus memprogram dari nol secara full-code untuk menggunakan game engine ini.
5.Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Scene Graph
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D.
- Menciptakan sebuah scene graph.
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph.
2. konsep pembuatan script game komputer.
Game Design Concept merupakan bahasa terjemahan dari konsep desain permainan, atau bisa disebut juga Perancangan konsep permainan. Secara garis besar definisinya adalah suatu proses pengembangan atau perancangan dalam membangun sebuah skenario seperti desain gameplay, karakter atau tokoh, lingkungan, selama tahap produksi game tersebut. Perancang game biasa disebut juga sebagai sutradara pada sebuah film, karena membutuhkan skenario dan adegan yang dibintangi oleh masing-masing karakter pada game tersebut. Game design concept merupakan pembuatan alur game sama saja seperti membuat alur sebuah film, banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi game tersebut menjadi terkenal, nanti akan kita bahas pada poin-poin berikutnya. Perancang Game terdiri atas, dibawah ini:
a. Pemimpin Desainer, merupakan seorang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik, yang membuat game tersebut mempunyai nilai artistic.
b. Game mechanic designer, seorang yang membuat aturan-aturan dalam permainan, sehingga permainan tersebut tidak berat sebelah atau seimbang.
c. Tingkat Desainer atau Lingkungan Desainer adalah orang yang brtanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar permainan atau game menjadi lebih real seperti game yang berbasis tiga dimensi.
d. Penulis atau Writter adalah seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.
a. Pemimpin Desainer, merupakan seorang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik, yang membuat game tersebut mempunyai nilai artistic.
b. Game mechanic designer, seorang yang membuat aturan-aturan dalam permainan, sehingga permainan tersebut tidak berat sebelah atau seimbang.
c. Tingkat Desainer atau Lingkungan Desainer adalah orang yang brtanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar permainan atau game menjadi lebih real seperti game yang berbasis tiga dimensi.
d. Penulis atau Writter adalah seorang yang mempunyai narasi dalam game tersebut dari setiap alur cerita, apa yang harus dilakukan pemain dalam memainkan game tersebut. Penulis harus bekerja sama dalam pembuatan skenario game dengan desainer utama.
Storyboard
storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin
https://www.gamelab.id/news/10-mengenal-game-engine
http://adhityogunadarma.weebly.com/tugas/pengantar-teknologi-game-tugas-1
0 Komentar