User Interface
User Interface adalah tampilan visual
sebuah produk yang menjembatani sistem dengan
pengguna (user). Tampilan UI dapat berupa bentuk, warna, dan tulisan
yang didesain semenarik mungkin. Secara sederhana, UI adalah bagaimana
tampilan sebuah produk dilihat oleh pengguna.
Analoginya bisa dijelaskan seperti ini. Misalnya Anda mengunjungi sebuah
rumah, Anda pasti akan melihat tampilan rumah tersebut, bukan? Anda bisa
melihat halaman depan rumah, letak pintu utama, dan jendela.
User Interface Pada Game
Desain user interface dalam game berbeda
dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi
melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Sebuah
Desain Antarmuka (Interface) pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan
sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut.
Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan
oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of
Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user
interface berjudul Beyond the HUD – User Interfaces for Increased Player
Immersion in FPS
HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana
informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari
antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health
Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala
karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter
dalam permainan.
Dalam desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah
:
1. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll Contoh: Interface dalam game Dead Space, pada game Assassin’s Creed.
2. Non-diegetic: Desain Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain.
3. Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead adalah contoh dari Spatial.
4. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty Calls- The Calm Before the Storm
Daftar Pustaka
0 Komentar